Background

Pengantar Ilmu Manajemen

Laporan sementara hasil survey strategi pengembangan UKM 

UKM yang sukses adalah yang mengikuti trandwatching dan organisasi yang sehat adalah yang bisa menjadi tradecenter bukan follower.hal ini adalah point yang paling penting dalam mengembangkan organisasi atau UKM di kampus karena peran dari ukm atau organisasi tersebut diharapkan bisa menjadi central of excellent dalam membangun sebuah komunitas pembelajaran. dengan melihat situasi yang sedang berkembang di dunia global maka seharusnya dapat menjadi acuan dalam pengembangan visi misi dari ukm atau organisasi tersebut sehingga dapat diterima dan diakui ,tidak hanya sebagai suatu wadah penampung insan yang berbakat saja.
untuk itu diperlukan langkah dan strategi dalam mengembangkan ukm/organisasi tersebut ,diantaranya :

1. melihat situasi Global
disini dianjurkan untuk banyak mengetahui tentang arus global yang sedang berkembang guna mengembangkan innovasi dalam sosialisasinya. banyak sebuah komunitas yang lahir dari kehidupan kecil namun dengan memanfaatkan situasi global akhirnya mereka bisa berkembang dengan pesat karena cara yang dilakukan adalah benar, yaitu melihat situasi global yang mana banyak diminati oleh konsumen. tak salah kalau ketika itu mereka menjadi tradecenter karena mereka berkembang seiring majunya zaman.

2. melihat kompotitor
artinya disini melihat pesaing (mahasiswa, asosiasi, profesi )dalam mengembangkan strategi pemasaran(ditinjau dari segi ekonomi) .
disisi manakah para kompotitor kita berhasil melayani para konsumennya dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang luar biasa hal ini yang menjadi PR untuk asosiasi terkait dalam proses pengembangannya
. peluang yang besar bisa didapatkan apabila bisa memanfaatkan 2 hal yang tertera diatas.

adapun defenisinya dalam menyelusuri langkah-langkah ukm dalam pengembangannya adalah sebagai berikut :

1. pendekatan
2. teori organ
3.teori kesuksesan
4.konsep mutu
5.sistem perencanaan strategi

dan berdasarkan hasil pengamatan lapangan yang saya lakukan sebagai strategi alternatif diluar strategi utama ukm tersebut agar dapat eksis dan berkembang . dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. memiliki sistem ekonomi yang mandiri
artinya sirkulasi keuangan dikelola sendiri dan dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan asosiasi tersebut

2.sistem kaderisasi
  untuk asosiasi terkait yang bersifat wadah penampung insan-insan berbakat dan berpotensi diperlukan sistem kaderisasi untuk mempersiapkan regenerasi selanjutnya dalam mengembangkan asosiasi tersebut.

3. event participent
dalam ruang lingkup asosiasi yang berhubungan dengan masalah hoby dan potensi ex. seni, olahraga, dll. berpartisipasi dalam suatu event juga merupakan salah satu strategi untuk mensosialisasikan diri ukm tersebut. dengan berpartisipasi tersebut akan banyak relasi yang terjalin sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan sayap visi dan misi asosiasi tersebut.

berikut penjelasan kami tentang strategi alternatif yang bisa digunakan kiranya dalam pengembangan suatu ukm/organisasi .sebenarnya masih terdapat banyak cara untuk mengembangkan dan menyukseskan asosiasi yang kita ikuti namun hal tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan dan waktu yang tepat.untuk laporan kami dari hasil pengamatan maka strategi alternatif yang bisa kami berikan adalah seperti yang kami jelaskan diatas . sekian terima kasih

Categories: Share

Leave a Reply