Background

Sukses diperguruan tinggi (decision making) pengambilan keputusan

Apa itu decision making?

pengambilan keputusan menurut Gibson et al.(1988) merupakan proses yang terjadi  pada seseorang yang meliputi perumusan masalah, penentuan berbagai alternatif, tindakan untuk pemecahan masalah, penganalisaan konsekwensi tiap alternatif tindakan yang mungkin dilaksanakan , pembandingan dan penilaian berbagai alternatif tindakan tersebut untuk dilaksanakan salah satu alternatifnya . pengambilan keputusan menyangkut proses mempertimbangkan berbagai macam pilihan, yang akhirnya akan sampai pada suatu kesimpulan atas pilihan yang akan diadopsi. pada saat diminta untuk membuat keputusan, kita harus berusaha untuk emncari konsensus yang kemudian dapat menerima pilihan yang telah diambilnya.

faktor-faktor yang mempengaruhi proses penetapan keputusan 

faktor-faktor persoalan amat menentukan apa yang diputuskan antara lain kognisi, motif dan sikap.

pertama. kognisi: artinya kualitas dan kuantitas pengetahuan yang dimiliki. apabila anda mengetahui bahwa api itu panas, maka pikiran anda memutuskan untuk tidak memegangnya.

kedua. motif: motif amat mempengaruhi pengambilan keputusan. apabila anda ingin memperoleh IP yang bagus, maka anda giat belajar.

ketiga. sikap ; apabila andatelah mempunyai sikap negatif terhadap teman, maka anda akan memutuskan untuk membatasi pergaulan kepada dirinya.
kenyataannya, antara kognisi, motif, dan sikap dalam aplikasinya akan berlangsung sekaligus.

Tahapan menuju pengambilan keputusan
1. klarifikasi/ identifikasi problem
2. kumpulan informasi-informasi yang dibutuhkan
3. buatlah opsi-opsi
4.tentukan konsekwensi positif dan negatif
5.analisis faktor-faktor yang berpengaruh
6. membuat keputusan atau pilihan


mengapa decision itu penting ?

salah satu fungsi berpikir adalah menetapkan keputusan. sepanjang hidup, kita harus menetapkan keputusan. sebagian dari keputusan itu ada yang menentukan masa depan kita. setiap keputusan yang diambil akan disusul oleh keputusan keputusan lainnya yang  berkaitan.
keputusan yang kita ambil beraneka ragam, akan tetapi ada tanda-tanda umumnya:

1.keputusan merupakan hasil berpikir, hasil usaha intelektual.

2. keputusan selalu melibatkan pilihan dari berbagai alternatif.

3. keputusan selalu melibatkan tindakan nyata, walaupun pelaksanaannya boleh ditangguhkan atau dilupakan.

hal ini sangat penting karena pada awal masa perkuliahan mahasiswa dihadapkan pada berbagai problem penyesuaian diri, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling rumit.

Categories: Share

Leave a Reply