Background

INFO MAHASISWA

Home »» Jogjaku

10 Pekerjaan Khas Mahasiswa Jogja

0 | By Admin | Monday, March 26th, 2012n | in Jogjaku
Oleh: Bastian Hidayat & Ellita Yunanda
Mencengangkan! Itulah hasil survei kecil mengenai kuliah sambil bekerja yang diadakan oleh Studyinjogja.com. Memanfaatkan media message facebook, survei selama satu minggu tersebut berhasil menjaring lebih dari 150 jawaban mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Lantas apa yang mencengangkan? Hampir 85% dari jawaban yang masuk ternyata menyatakan sudah, atau sedang menjalani kuliah sambil bekerja.

Dari sanalah kemudian kami rangkum 10 pekerjaan khas mahasiswa Jogja! Tentunya setelah kami kroscek dengan kondisi di lapangan juga. Check it out, 10 pekerjaan khas mahasiswa Jogja:

1. Tentor pendidikan
Rata-rata mahasiswa Jogja ternyata pernah merasakan yang namanya menjadi tentor/pengajar bimbingan belajar. Berbagai bimbel ternama biasanya menjadi pilihan utama. Beberapa mendirikan bimbingan belajar sendiri, dan sebagian lainnya memilih jalur privat.

2. Penulis lepas
Untuk yang satu ini, bisa dibilang kamu tidak perlu capek-capek tenaga. Cukup putar otak saja untuk nulis, dan uang akan dengan sendirinya datang! Sebagian besar mahasiswa yang berhasil menjadi kolumnis ataupun kontributor berbagai media nasional memulai pekerjaannya dari sini.

3. Penerjemah
Salah satu manfaat kemampuan berbahasa asing nih. Mulai dari sekedar menerjemahkan artikel, hingga menerjemahkan buku, semuanya menghasilkan uang! Oh ya, penerjemah lisan juga banyak dibutuhkan lho, mulai dari kegiatan seminar sampai penelitian yang dilakukan lembaga asing.
“Selain soal gaji, menjadi penerjemah juga bisa memperluas jaringan kita. Apalagi kalau kita work smart, pasti dicari!”, ungkap Ardian, mahasiswa FISIP UGM, yang pernah bekerja sebagai penerjemah untuk tim peneliti dari Australian Electoral Commision.

4. Penyiar Radio
Buat kamu yang memiliki minat besar dalam hal relasi publik, penyiar radio bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan sampingan. Jadwal kerjanya bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kesibukanmu.

5. Konsultan
Percaya tidak, sebagian besar konsultan di Jogja, terutama konsultan properti, menggunakan tenaga mahasiswa? Jadinya kamu bisa mendapat uang, pengalaman, sekaligus praktik dari ilmu yang sudah kamu pelajari!

6. Jasa Periklanan dan Percetakan
Sektor bisnis yang tengah menggeliat ini menjadi salah satu sasaran utama mahasiswa, terutama mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual. Selain bisa mengasah kemampuan, pekerjaan di sektor tersebut juga memiliki jam kerja yang fleksibel, apalagi

7. Jasa Dokumentasi
Jasa pekerjaan ini bisa dibilang sedang booming di masyarakat. Kemajuan jaman membuat kecenderungan masyarakat untuk mengabadikan setiap momen melalui fotografi, ataupun video recording. Nah, mahasiswa banyak menggeluti bidang ini karena jadwal pekerjaan yang tidak tetap, sehingga tidak menyita waktu.

8. Tour Guide
Hanya dengan berbekal peta Jogja, sedikit pengetahuan tentang Jogja, dan yang terpenting: keterampilan komunikasi, kalian bisa mendapatkan penghasilan dari tour guide. Manfaatkan teknologi untuk memperluas jaringan, serta jangan malu-malu meminta bantuan teman, dan sanak saudara untuk promosiin kalian.

9. Entertainer
Penyanyi, penari, hingga komedian masuk dalam kategori ini. Pasarnyapun dari kafe hingga pesta pernikahan. Namun, bisa dibilang kesempatannya masih sangat banyak. Apalagi yang berbau etnik seperti sinden, dan pemain gamelan, pangsa pasarnya bisa sampai lintas negara! At least kamu bisa jalan-jalan ke luar negeri secara gratis!
“Saya awalnya tidak sadar kalau menari menjadi penopang keuangan saya. Namun, setelah mewakili Indonesia dalam sebuah event internasional di Filipina, saya mulai menyadari manfaatnya,” tutur Rika, mahasiswi UGM yang juga seorang penari.

10. Operator Warnet
Yang terakhir ini bisa dibilang cukup populer nih. Pekerjaannya mudah, jadwal bisa diatur. “Ya untungnya sih bisa dapat akses internet gratis. Ngerjain tugas bisa, ngegame bisa,” kata Seno, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang menjadi operator warnet di daerah Sapen.

Nah, itu dia yang bisa disebut sebagai tren pekerjaan yang digeluti oleh mahasiswa Jogja. Terlepas dari 10 pekerjaan di atas, memang ada kemungkinan membuka usaha sendiri, namun harus ada biaya lebih untuk modal bukan? Makanya, mungkin 10 pekerjaan di atas bisa menjadi opsi mesin uang tambahanmu! Selain itu, peluang berbagai pekerjaan lainpun sangat banyak, termasuk di dalamnya admin twitter, LO Acara, dan sebagainya. So, keep trying!

Categories: Share

Leave a Reply